Makna Kehidupan


                                                                                                                    
Apakah kita pernah berfikir atau terpikir kan apa itu makna hidup? Hidup adalah kebahagiaan yang sementara, dimana kita hanya berlomba lomba untuk mencari kenyamanan sendiri,tanpa harus memikirkan kenyamanan orang lain.
Pernahkah kita terpikir bahwasanya Kehidupan ini tak seindah yang diharapkan? dan bahkan kita selalu mengeluh tentang apa yang kita punya? Masa itu masa yang silam, dan bahkan sekarang kita selalu memikirkan nya. Pikiran itu selalu penuh tanda tanya? Kenapa manusia sangat sulit untuk mensyukuri nikmat yang di berikan Allah? bahkan mereka merasa kurang. Tidakkah mereka berfikir akan kehidupan orang lain diluar sana? terkadang banyak dari manusia memikirkan kehidupan yang pendek, dengan mengakhiri kehidupan nya. 

Apakah itu akan menyelesaikan Masalah dan membuat nya bahagia? Now, belum tentu. Karena itu adalah pemikiran yang sangat bodoh dan mengecewakan, Ketika kita pergi kerumah sakit, begitu hinanya diri kita di tengah tengah mereka. Mereka yang berusaha untuk mempertahankan hidupnya, mereka yang masih ingin menghirup udara segar, melihat matahari dan bahkan ingin merasakan kehidupan yang nyaman. Mereka kuat,sabar,dan yakin bahwa kesembuhan mereka ada ditangan Allah, mereka mensyukuri tiap detik,menit sisa sisa kehidupan mereka. Tidak kah kita sadar akan hal itu? apakah kita masih merasa kekurangan terhadap nikmat Tuhan yang diberikan kepada kita? Kita termasuk manusia yang beruntung masih bisa melakukan apapun sesuka hati kita dengan leluasa, tanpa harus menggunakan alat bantu.

Renungkan lah wahai para sahabat, kehidupan kita sangat berharga disetiap detik,menit dan bahkan jam. Jangan kita sia siakan hanya untuk hal yang membuat kita rugi. Syukuri setiap nikmat yang Tuhan berikan.Terkadang pasti kita merasakan ada sesuatu yang kurang dalam diri kita dan ingin juga mendapat kan apa yang teman kita punya, ya pasti kita pernah merasakan nya. Kita boleh tertarik dengan apa yang temen kita punya, tapi ingatlah tuhan menciptakan kan kita dengan berbeda. Apa yang kita punya belum tentu teman kita punya. Pergunakan lah hidup kita sebaik mungkin selagi masih bisa berhembus didunia.

Kehidupan ini hanya seperti roda yang berputar. Dimana, kita menunggu kapan kita akan ada diatas, ditengah,dan bahkan dibawah? Hidup ini hanya skenario yang tidak terduga, seperti halnya dengan kematian. Kita tidak tau kapan kita akan terakhir melihat dunia? Kehidupan ini hanya penuh dengan skenario skenario dan terus menerus skenario, kehidupan yang hanya sementara.
Ingat lah sahabat kegagalan dalam hidup adalah sebuah permulaan untuk kita belajar dari kegagalan itu. Jika kita tidak merasakan kegagalan berarti hidup kita sangat rugi, karena kegagalan adalah awalan dari semua kehidupan.
  
Jika kita meresapi kehidupan yang kita punya, Subhanallah begitu indah dan menarik nya. Tapi ingat lah kehidupan yang kekal itu Hanya diakhirat. Pernah para ulama mengatakan "bahwa kehidupan adalah sebuah tanggung jawab" ya, memang benar hidup kita akan mempertanggungjawabkan apa yang kita lakukan didunia. Pernahkah kita terfikir siapa yang menciptakan kita? dan jika Allah menciptakan kita, Siapa yang menciptakan nya? Apakah dia terlahir sendiri? Ya, itu adalah sebuah tanda tanya yang besar. Allah menciptakan kita agar kita bisa berfikir disetiap kehidupan yang kita jalani, dari mana semua itu datang? Wallahualam.
 
Perbaikilah diri kita dengan menekuninya dan menyimpan nya dalam hati, keluarlah dari zona nyaman kita. Agar kita bisa merasakan saudara saudara kita yang tidak pernah merasa kan zona nyaman.Wahai sahabat, belajarlah untuk mengikhlaskan apapun yang terjadi dalam hidup ini, karena Allah sangat cinta dengan orang yang sabar. Dan begitu pula Allah cemburu dengan hamba-nya yang berharap terhadap ciptaannya, belajar lah untuk memaknai setiap alur kehidupan kita, karena itu sangat berharga.

Ketika kita sadar begitu berhaga nya kehidupan kita yang sekarang, kita bisa bersenang-senang dengan keluarga kita. Bagaimana dengan mereka yang tidak pernah merasa kan kasih sayang seperti kita tau? bahkan jarang bertemu dengan keluarga nya? Jangan kita sia siakan kesempatan itu. Karena jika kita jauh dari mereka, kita akan merindukan nya dan amat berat untuk kita tinggalkan. Ya, mungkin sekarang sebagian dari kita tidak merasakan itu. Pintar pintar lah untuk memanipulasi waktu hidup kita bersama orang orang yang kita sayang.

Aku pernah bertemu dengan orang yang sangat keras kepala, egois dan bahkan aku sampai takut untuk mendekati nya. Tapi semakin hari aku semakin tau sisi kehidupan nya yang sebenarnya, dia adalah orang yang sangat peduli terhadap keluarga nya dan orang disekitar nya. Memang kita tidak bisa melihat sisi kehidupan hanya dari luarnya tetapi kita harus tau juga sisi dalamnya.

Aku punya inspirasi dari seseorang, dia awalnya begitu terlihat sangat jahat,cuek, menjengkelkan dan bahkan menakutkan, tapi itu tambah membuat ku penasaran siapa sebenarnya orang itu? Dan pada akhirnya aku bisa tau dia adalah orang yang sangat  mengasyikkan dan menurutku dia sangat jenius. Kenapa aku berkata seperti itu? Ya karena dia pandai memanipulasi semua orang yang baru mengenal nya. Dia hanya memakai banyak topeng untuk menutupi wujud aslinya, dia pernah berkata padaku "perbanyaklah menggunakan topeng dan jangan sering sering melihat kan wujud asli mu" yahhhh, kata kata itu sangat membuat aku senang. Aku jadi tau bagaimana aku bisa menempatkan diri ku didalam suatu suasana yang berbeda-beda.
Sahabat Pandai pandai lah kita menutupi wujud asli untuk kebaikan, karena tak harus semua orang tau tentang kita. Cukup Rabb dan orang terdekat kita yang mengetahuinya.
   Salam sayang buat hidup kita :)
  

Karya: Vivi Zahratul Afifah

Komentar